Minggu, 12 April 2009

Jalan ke Jogja Yuk!!!

Banyak jalan menuju Roma, begitu pula banyak jalan menuju Jogja. Ada dua pilihan utama untuk ke Jogja, yaitu jalur darat atau via udara. Yang darat bisa pilih bis atau kereta api. Dari semua kota di Jawa sangat mudah untuk menemui bisa yang jurusan Jogja. Jika anda dari Jakarta sebut saja "Lorena", "Safari Dharma Raya (OBL)" untuk kelas atas, harga tiketnya berkisar 150-200 ribu. Yang kelas menengah tetapi tetap nyaman, bis bagus dan AC ada "Rosalia Indah" atau "Nusantara", harga tiket sekitar 110-150 ribu. Kalau mau naik KA dari Gambir anda bisa memilih "Taksaka" atau "Argo Lawu" jurusan Solo, tersedia jadwal pagi maupun malam, harga tiket sekitar 180-230 ribu tergantung hari padat atau tidak. Jika anda berangkat dari arah timur, Surabaya dan sekitarnya, pilihannya lebih banyak dan relatif lebih murah, jadwal berangkat pun lebih sering. Harga tiket bis eksekutif dari Surabaya di seputaran 100 ribu.

Hampir semua maskapai nasional memiliki jalur Jakarta-Jogja. Harga tiket untuk yang kelas promo di seputaran angka 200 ribu. Tapi jika pada musim libur harga bisa melonjak jauh. Bandara Adi Sucipto sekarang sudah banyak berbenah, untuk mencapainya kita bisa naik atau "Trans Jogja" atau KRD karena telah dibangun stasiun di depan bandara.

Penginapan
Banyak penginapan murmer (murah-meriah) di Jogja. Kalo yang cukup nyaman dan tidak jauh dari kota bisa pilih penginapan di sekitar Malioboro, harga kamar paling murah sekitar 150 ribu tiap malamnya. Kalau mau deket kampus UGM, kali ada saudaranya yang wisuda, pilih aja di Jalan Kaliurang, sekitar UGM atau lebih ke utara lagi. Banyak pilihan hotel yang murmer dan tentu saja nyaman.

Ayo ke Jogja!!

Info KA Jakarta-Jogja
http://infoka.kereta-api.com/cari/?id_station1=2&id_station2=19&x=34&y=8

Tidak ada komentar:

Posting Komentar