Sabtu, 11 April 2009

Kaliurang


Memandang ke utara cakrawala Jogja kita akan menatap keangkuhan Gunung Merapi, tetapi dibalik keangkuhan tersebut kita bisa menikmati keindahannya. Cukup gunakan kendaraan bermotor biasa dalam waktu tidak sampai 1jam kita sudah sampai di lereng Merapi yang terkenal dengan sebutan Kaliurang. Tempat wisata ini dari jaman dahulunya telah dikenal sebagai tempat peristirahatan Belanda pada masa penjajahan. Seiringnya perjalanan waktu, Kaliurang kemudian menjadi tempat peristirahatan orang-orang kondang kota Jogja.

Berbagai villa dan tempat peristirahatan lain tersedia di daerah ini. Terletak sekitar 24 kilometer di sebelah utara kota Jogja, Kaliurang dapat menjadi tempat pelarian dari penatnya kehidupan kota.

Hawanya yang sejuk mampu mengembalikan kesegaran badan dan pikiran. Namun, tak jarang pula Kaliurang dijadikan lokasi untuk mengadakan rapat atau pertemuan penting. Selain tempat beristirahat, Kaliurang juga menyediakan tempat untuk berkemah dan jalur-jalur yang dapat dilalui untuk trekking.

Pada waktu-waktu tertentu, acara-acara hiburan juga diadakan di Kaliurang, baik pagi hari ataupun malam hari. Mulai dari kesenian tradisional semacam Jatilan hingga rave party yang sedang marak. Di malam tahun baru, terkadang juga diadakan pesta kembang api dan panggung-panggung hiburan yang dapat menyedot pengunjung dari kota Jogja.

Villa-villa yang ditawarkan di Kaliurang memiliki berbagai macam variasi harga sewa mulai dari Rp 150.000,- per malam. Selain villa, ada pula motel-motel yang menyewakan per kamar dengan harga bervariasi. Sebagai pelengkap, tersedia pula restoran dan tempat makan yang menyediakan berbagai macam masakan, baik tradisional maupun internasional.

Bila mengunjungi Kaliurang, jangan lupa untuk singgah sebentar dan membeli makanan khas Kaliurang yang berupa jadah, yaitu makanan yang terbuat dari ketan. Tempe dan tahu bacem akan menjadi pelengkap dari jadah, walaupun jadah cukup lezat untuk dimakan tanpa pelengkap.

Gunung Merapi

G
unung Merapi mempunyai ketinggian 2968 m dari permukaan laut dan terletak lebih kurang 25 km dari Yogyakarta. Gunung Merapi terbentuk pertama kali sekitar 60.000-80.000 tahun yang lalu. Namun sejarah aktivitasnya baru mulai diamati dan ditulis sebagai dokumen sejak tahun 1791. Puncak Merpai menjajikan daya pikat untuk menikmati keindahan matahari terbit pada pagi hari dengan pemandangan alami dari jajaran Gunung Ungaran, Telomoyo dan Merbabu. Gung Merapi dan sekitarnya menawarkan wisata gunung api seperti udara yang sejuk, lintas alam, keindahan kubah lava yang masih aktif.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar